RAMADHAN KAREEM

TERAWIH UNTUK MENSEMPURNAKAN IBADAH PUASA

Oleh: Aliyatun Najwa

Sholat Tarawih adalah sholat sunnah yang dilakukan umat Islam selama bulan Ramadhan ibadah ini biasanya dilakukan secara berjamaah dan dilaksanakan setelah sholat isya. Umat Islam biasanya berkumpul untuk melakukan ibadah ini di mushala atau masjid. Perlu diketahui bahwa sholat tarawih merupakan ibadah yang langsung dipanjatkan dan dilakukan oleh Rasulullah SAW. untuk pertama kalinya pada tanggal 23 Ramadhan tahun kedua Hijriyah di Masjid Nabawi. Pada mulanya Rasulullah SAW hanya sholat berjamaah. Namun ketika malam kedua bulan Ramadhan tiba, banyak orang berkumpul untuk melaksanakan sholat. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di benak Rasulullah SAW. Ia tidak ingin sholat Tarawih dianggap sebagai ibadah wajib.

Oleh karena itu, setelah beliau meninggal, ibadah rohani yang biasa dilakukan pada bulan puasa kembali dilakukan secara individu di rumah. Singkatnya, pada masa Khalifah Umar bin Khaththab RA, tradisi sholat berjamaah Ramadhan dipulihkan. Namun hukum yang berlaku tetap sama yaitu Sunnah. Digunakan hanya untuk memahami makna sholat yang dilakukan pada bulan puasa dan beberapa sejarahnya.

Ada ulama yang berpendapat bahwa shalat tarawih hukumnya sunnah muakad, yang artinya shalat sunnah ini sangat dianjurkan sebab tingkatannya hampir mendekati ibadah wajib. Disamping itu, diketahui bersama bahwa puasa ramadhan dan shalat tarawih merupakan ibadah yang hanya khusus dilaksanakan di bulan ramadhan.

Selain sholat terawih ada juga sholat witir shoat tarawih itu khusus pada malam-malam di bulan Ramadhan. Sementara sholat witir itu adalah salat penutup sholat malam yang bisa dilakukan sepanjang tahun selama sesuai dengan namanya witir, rakaatnya selalu ganjil satu rakaat, tiga rakaat, lima rakaat, dan begitu seterusnya. Oleh karena itu, kalau ada orang yang melakukan salat tarawih tanpa sholat witir, maka hukumnya tarawihnya tetap sah karena kedua sholat ini tidak saling berkaitan.

Kalau ada orang yang hanya salat witir, tidak sholat tarawih itu juga sah

Tetapi, kedua salat ini memiliki keistimewaan. Sholat tarawih menjadi bagian dari hadis Nabi 'Man qoma romadhona iimanan wahtisaaban', orang yang menghidupkan bulan Ramadhan dengan ibadah di antaranya sholat tarawih, kalau nanti khatam sampai akhir bulan Ramadhan, maka dijanjikan oleh Allah pahala berupa surga. Sementara sholat witir adalah sholat malam yang memiliki keistimewaan yang dijanjikan oleh Rasulullah pahala yang sedemikian besar.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MY HOLIDAY