MY HOLIDAY

Oleh: Aliyatun Najwa 

 Unusa 

FKes Unusa 

Sejarah kampungku

    Sejarah Desa Bermi, Kabupaten Probolinggo Desa Bremi terletak di Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Desa ini dikenal sebagai salah satu pintu masuk menuju Gunung Argopuro, yang terkenal dengan trek pendakian dan keindahan alamnya. Seperti desa di tempat-tempat lain, sejarah Desa Bermi dipengaruhi oleh faktor geografi, budaya, dan perkembangan politik dari masa ke masa. 

    Salah satu wisata yang sangat ramai pengunjung saat ini yaitu wisata Bermi Eco Park yang menyimpan banyak sejarah pada masa penjajahan Belandasa. Pada zaman penjajahan, menurutnya, lahan yang digunakan ini merupakan lapangan golf. Lapangan ini dibangun oleh orang-orang Belanda untuk tempat olahraga, sekaligus rekreasi. Dan itu dibuktikan dengan seringnya pekerja yang menggarap lokasi ini menemukan bola golf ketika mengeruk tanah.

    Di lahan tersebut juga melintas aliran sungai Si Nyonya. Si Nyonya merupakan salah satu dari 12 aliran air dari lereng pegunungan Argopuro yang masih hidup atau aktif. Aliran air Si Nyonya itu mengalir ke embung yang digunakan untuk kebutuhan irigasi lahan pertanian warga Desa Bermi dan Desa Krucil. Dulu sungai ini sering dimanfaatkan oleh nonik-nonik Belanda untuk mandi. Karena itu, sejak dulu disebut aliran sungai Si Nyonya. Di lokasi ini juga ada aliran air Si Kopi untuk irigasi lahan pertanian warga Desa Bermi sendiri.

    Saat ini meski jalan yang berasal dari aliran sungai Si Nyonya dimanfaatkan untuk wahana sepeda air, pihaknya tetap memperhatikan fungsi jalan. Bahkan, jalan tersebut lebih terawat saat ini. Dulu jalan ini sering dipakai untuk mandi dan cuci motor.

   Demikianlah gambaran singkat mengenai sejarah dan perkembangan Desa Bremi. Desa ini tidak hanya kaya akan potensi alam tetapi juga memiliki warisan budaya yang berharga.

Link video Bermi Eco Park

Link foto sungai si nyonya


Komentar

Postingan populer dari blog ini